Senin, 08 Februari 2010

01-02/02/2010, Solo




Geng GR hidup kembali, establish di saat2 akhir liburan semester ganjil kali ini.
Proudly present :
Dzulfikar Ali ahmad
Ridwan Widoyoko
Zein Nofiandi
Zudha Aulia Rahman
# feat. Muh. Dalton Fisabilillah

26 Januari 2010, 03.45 pm, Kantin Lapbas Teladan
“Gimana kalo ke blitar wae cah!? ,ntar kita cari makam Bung Karno..nyetel mp3 Indonesia Raya dan dengan bangga kita nyanyiin bareng2 sambil hormat grak. Pie?”
“Ho’oh..apik kui,,deal? Pokoknya 05.00 udah siap di Lempuyangan dengan perut terisi coz kita mau ngglandhang kesana. 50.000 cukup? Dan jangan lupa kita niatkan dalam perjalanan kita bantuin orang2. Sip.”

31 Januari 2010, 11.00 pm
“Kar, gmn kalo g usah ke Blitar? Semangatku baru turun nih..sori bgt ya, aku juga baru capek, dan g yakin pula bisa ngejar Pasundan pagi2 buta. T_T , ke Solo aja juga gpp kayaknya”
-semangat Ridwan baru offline, bad news bro.

01 Februari 2010
Jeans coklat butut, baju putih-hitam “gadjah mada” uji kesehatan mata edition, jaket 5000an distro AA (baca:awul2.red) hasil barter sama sweater ijoku sama fikar, dilengkapi kethu yang saya akui warnanya sama sekali g mecing (doh). Sarapan dulu di ManKid (Mandala Krida), lontong sayur Sumatra plus2 garam alias asin tenan, gojing susuk sewu. –Ridwan-

Gombor2 basket style nya sedikit hilang. Kali ini ia lebih memilih jeans meski nanti ia ganti sama katok item buat silat miliknya. Tas yang udah berumur entah berapa windu masih setia menempel di punggung. –fikar-

Jogja bangett, celana kain motif batik2 dan slayer merah penutup jidat udah ia pakai sejak awal. 2 macam tas ditenteng, kaya turis aja bung. Ya, seperti yang kami tau..tetep terlihat stylish. –zudha-

“IEGMU”. Kaos baru anak industry ternyata. Dan jeans street orang kidal yang ternyata juga made in AA terlihat cucok dengan apa adanya style punya bocah ini. Dan unfortunately, bawaannya lengkap bgt. Masih disetting Bliar ternyata. Bagus bro. –zein-

Tak ada Blitar, Solo pun jadi.
Prameks 8000an, bareng sama 4 mbak2 tujuan purwosari memulai kisah perjalanan kami di Negeri seberang, Kasunanan Surakarta. Tanpa direncana, mereka dengan mengejutkan surprising kami, “Mas, kayaknya air minumnya tumpah deh” ..”Ups, tepat! Alhasil tasku basah (annoyed)”. Makasih mbak..ledek fikar.

Purwosari-Balapan-Jebres. Turun dan jalan kaki memulai di siang yang terik. Next target : kosan fikar. Bermodalkan GPS punya Hp canggih zudha, kami ber4 walk away dari stasiun. Sampai kamar..ngeluk boyok bentar (baca:istirahat.red) sambil ngobrol ngalor-ngidul : Sabrina, Design villa garapan fikar, hingga saling kentut-mengentuti. Ouw..lolos sensor, sori kawan.

Let’s go to kraton kasunanan Surakarta, tapi Sholat dulu..secara di deket kraton pasti ada masjid. Dan namanya pasti Masjid Agung Surakarta. Lebar kayak di kauman, Jogja. Sebelum cabut, kita dengerin ceramah dulu. Tema kali ini adalah Qalbun Salim..hati yang baik, hati yang senantiasa selamat dari nista dan dosa..hati yang senantiasa dirindu oleh bidadari2 Allah di Surga, hati yang…STOP! Maaf imajinasi saya sering uncontrollable kalo udah menyangkut masalah ini. Gomenasai.

Keraton yang ternyata sudah tutup. Atau karena kita yang males beli tiket. Pada intinya gak jadi masuk keraton. Gpp lah..toh di Jogja jg ada. Gak usah lama2..Kampung Batik Laweyan adalah target berikutnya, dan ternyata 3,7km..Wow deket banget, “GPSmu g salah kan zud???” Walking lagi..perempatan demi perempatan, kios demi kios, akhirnya,,,,,ASTAGANAGA!! Ya ALLAH!! Sipo Dalton mau nyusul!!! Kurang gawean ki bocah..ok lah. Kami tunggu. Lanjut ke Laweyan, sambil menikmati tugu batik, rumah kuno, pohon tua(???), bahkan pengolahan limbah yang sangat hampir-hampir tidak mengecewakan kami. Kami putuskan, Ayo jemput Sipo. “Dimana Po??”, “ Solo Square”..(doh) 1, sekian kilo..Jalan lagi dah..

Kartu kuartet upin-ipin sedang sembahyang cukup menghibur kami. Karena ada padanya bahan2 gojeg gambus kita sepanjang perjalanan. Naik escalator..dan tengok kanan-kiri. Tiittttt…target locked. Sipo ditemukan selamat. Dan hal ini bersamaan dengan panggilan perut bahkan panggilan Allah (baca:adzan maghrib.red). Mari ngangkring dulu, dan sholat dulu. Masjid Al-Huda yang kelak menjadi alas tidur kami, kali ini sebagai tempat debat dialog tukar wawasan diantara kami. Dari bab mesin waktu punya zein, hafalan juz 29-30 dan poligami punya fikar hingga fiqih prioritasnya zudha.

Kita harus bergerak! , Jalan kaki ke Stadion Manahan, yang kata fikar penuh sama orang2, pokoknya rame..k dah, kita manut aja. Ups..ziiiing..sepi. entah mungkin kemaleman. Secara jam 11 gitu. Sedih yang bertambah-tambah dengan hiruk-pikuk zein yang dari tadi sibuk OL. KRS e pie iki!??? Tapi, bagi kami..perut lebih penting. Susu segar sedikit mengobati. Benar-benar segarrr..dan ngantuk. Huh..mana masjidnya??? Balik ke masjid yang tadi???

Lebih dari jam 00.00, mondar-mandir di gang2 cari masjid..hampir kayak maling. “nanti kalo kita digebugin gmn?” “Ke jalan besar aja” serem boy..Ok. Setapak demi setapak, eh..KRS udah bisa. Zein bersorak dan mulai bergerak-gerak. Googgle net menanti. 1 jam kami habiskan di sini. Ada yang fesbuk, plurk dan portal akademik yang pasti. Dan yang lebih pasti adalah : mahal, 5000 og pie.

Nyana tak dinyana, Masjid yang tadi telah ditemukan. Kami berempat tidur langsung. Loh yang satu? Zudha sholat malam bro..Subhanallah, masih sempat2nya (applause).

02 Februari 2010
Wangen, Polanharjo menanti, Pondok Pesantren Daarul Quran yang indah, sejuk, damai, dan penuh cinta seakan-akan memanggil2 kami dari kejauhan dari pelosok desa di Klaten sana. Tak sabar hati terasa.. Sarapan dulu, duduk2 dulu, dan sangat disayangkan ternyata kita juga harus njamu dulu, jamu pegel linu. Hoek..pahit banget kang!! Yah..udah telanjur si mbok jamu mengulungkan gelas yang sudah terisi. Kita beli dah. Strategi penjual bermacam2 ya..

Hari ini = Konyol berat dan sangat. Ke-fiktif-an Ponpes KCB ini terungkap sudah. Udah diantar andong kesana-kemari, Tanya penduduk pribumi sana-sini. “Disini gak ada Pondok mas” ..brokenheaart banget..gelo mengecewakan yang amat sangat harus kami rasakan. Untuk mengobati, Kita ditawari Ponpes di Tegal Gondo sama pak kusir, katanya di sana ada Kyai Sulaiman yang namanya mirip2 sama Kyai di KCB. Yuk dicoba..barang kali bener. Tuplok tuplok..sontakan kaki sang kuda mengusik kegundahan hati ini..(lebay version)

Sesampainya..Eee…ini sama sekali gak mirip sama yang di KCB!!! Capek..ngantuk..Kesel..Ok lah, tiduran dulu di teras masjid. Barangkali ponpesnya berubah jadi mirip.
Uaaahhh…dan ternyata..jiah, ough, auww..

Gbv)75rsul{?>:}{_P|:+cdgkyufbs#^%&guaskdf6#!#^&5!!!!!!!
Kita terbangun dari mimpi kita..jadi barusan itu Cuma mimpi!!??? Anda bingung? Sama..

3 komentar:

  1. waaaaaahahahahahahhahahaaaaaaaa....mantap boy....baka tulisanmu dadi keinget maneh, wah perjalanan seru tak terlupakan, yang lain suru baca wan...biar pada komen...
    oiya, dewe isih ono projek novel loh, oll about us...
    kowe gene nek nulis yo apek, potensi bagus tuh wan...ayo share di blog...

    iki zudha, nganggo akun e kancaku oshi

    BalasHapus
  2. yok...tenane kowe arep nggawe novel oll about us?? trus sing ngawe kowe dhewe po karo bocah - bocah ?
    mampir nang blog ku cah...
    www.zein-is-zein.co.cc

    woi....tenanan lho digawe novel....
    wkwkwkw.....

    BalasHapus
  3. hohoho...apa kabar kawan..
    iyo ki, project novel harus segera kita tuntaskan. tapi piye yo cah le mulai..aku bingung memulai ki. Fikar sebagai ilustrator mesti apik banget..

    BalasHapus